Nama : Alifa Tri Febrianti
NIM : 20190701098
Assalamu'alaikum teman-teman semua, bagaimana kabarnya? semoga selalu dalam keadaan sehat ya 😊👋
Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas lebih dalam mengenai Bisnis Retail. Bagi teman-teman yang ketinggalan postingan sebelumnya bisa langsung klik link berikut: Apa Saja Bisnis Retail yang Sukses dan Tutup di Indonesia?
Nah pada postingan kali ini saya mau membagikan materi kewirausahaan mengenai definisi dari festival pemasaran, tujuan, fungsi, dan materi utama faktor-faktor yang harus teman-teman perhatikan dalam mengadakan festival pemasaran..
Yuk Simak, semoga bermanfaat ya teman-teman 😊
Apa Itu Festival Pemasaran?
Festival pemasaran merupakan suatu kegiatan mempromosikan berbagai jenis produk yang biasanya dilakukan dalam skala yang besar (Yan, dkk., 2016 dalam Ho, 2020). Lebih lanjut, festival pemasaran merupakan salah satu strategi event marketing yang digunakan pembisnis untuk mengiklankan, memperomosikan, dan mengenalkan produk atau jasa miliknya dengan menyelenggarakan suatu jenis acara yang unik dan inovatif sehingga festival ini menjadi lebih bervariasi dan terlihat lebih modern (Tim Dosen, 2022). Biasanya selama berlangsungnya promosi tersebut terdapat banyak diskon menarik yang diberikan kepada konsumen baik secara offline maupun online (Guan, dkk., 2019 dalam Ho, 2020). Saat ini festival semakin berkembang dan modern jadi tidak hanya dapat dilakukan secara offline, festival juga dapat dilakukan secara online. Kegiatan promosi ini dilakukan oleh berbagai e-commerce yang dikenal dengan nama online shopping festival (Ho, 2020).
Apa Tujuan diadakannya Festival Pemasaran?
Tujuan pelaku usaha mengadakan festival pemasaran yaitu:
1. Memperkenalkan serta mempromosikan sebuah produk maupun jasa.
2. Menciptakan suatu pengalaman yang unik serta berkesan bagi konsumen (Clow Baack, 2014 dalam Rita, 2017).
3. Kesan mendalam yang dirasakan oleh konsumen, dapat meningkatkan brand image perusahaan (Y Koh & Jackson, 2006 dalam Rita, 2017).
4. Festival pemasaran yang menarik dan unik, berpeluang mendapatkan konsumen baru (Ruslan, 2005 dalam Setia, n.d.).
Apa Fungsi mengadakan Festival Pemasaran?
Berikut fungsi dari pelaksanaan festival pemasaran (Belch & Belch, 2018 dalam Setia, n.d.) yaitu:
1. Dapat memberikan pengetahuan kepada para pengunjung festival mengenai suatu merek dari produk tertentu.
2. Sebagai suatu usaha untuk menambah dan mempertahankan loyalitas dengan pelanggan suatu produk maupun jasa tertentu.
3. Memperkenalkan dan menunjukkan kepada para pengunjung festival keunggulan dari produk maupun jasa yang dipromosikan.
4. Meningkatkan penjualan pada saat festival pemasaran berlangsung.
5. Meningkatkan brand image dari suatu merek produk maupun jasa.
6. Sebagai usaha menarik konsumen yang kompetitor.
7. Meningkatkan brand awareness pelanggan maupun pengunjung festival pemasaran dengan waktu yang singkat.
- Definisi dari festival pemasaran yakni suatu kegiatan mempromosikan berbagai jenis produk yang biasanya dilakukan dalam skala yang besar.
- Tujuan diadakannya festival pemasaran diantaranya untuk memperkenalkan, mempromosikan, memberikan kesan bagi konsumen, meningkatkan brand image perusahaan, dan berpeluang mendapatkan konsumen baru.
- Fungsi dari diadakannya festival pemasaran diantaranya memberikan pengetahuan kepada pengunjung mengenai merek produk, mempertahankan loyalitas pelanggan, menunjukkan keunggulan dari produk yang ditawarkan, meningkatkan penjualan, meningkatkan brand image, dan meningkatkan brand awareness dalam waktu singkat kepada konsumen.
- Faktor-Faktor penting yang diperhatikan dalam mengadakan festival pemasaran yaitu lokasi, kompetisi, cuaca, dan hiburan.