Faktor-Faktor Penting saat Mengadakan Festival Pemasaran


Nama    : Alifa Tri Febrianti 

NIM       : 20190701098 

Assalamu'alaikum teman-teman semua, bagaimana kabarnya? semoga selalu dalam keadaan sehat ya πŸ˜ŠπŸ‘‹

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas lebih dalam mengenai Bisnis Retail. Bagi teman-teman yang ketinggalan postingan sebelumnya bisa langsung klik link berikut: Apa Saja Bisnis Retail yang Sukses dan Tutup di Indonesia?

Nah pada postingan kali ini saya mau membagikan materi kewirausahaan mengenai definisi dari festival pemasaran, tujuan, fungsi, dan materi utama faktor-faktor yang harus teman-teman perhatikan dalam mengadakan festival pemasaran.. 

Yuk Simak, semoga bermanfaat ya teman-teman 😊

Apa Itu Festival Pemasaran?

Festival pemasaran merupakan suatu kegiatan mempromosikan berbagai jenis produk yang biasanya dilakukan dalam skala yang besar (Yan, dkk., 2016 dalam Ho, 2020). Lebih lanjut, festival pemasaran merupakan salah satu strategi event marketing yang digunakan pembisnis untuk mengiklankan, memperomosikan, dan mengenalkan produk atau jasa miliknya dengan menyelenggarakan suatu jenis acara yang unik dan inovatif sehingga festival ini menjadi lebih bervariasi dan terlihat lebih modern (Tim Dosen, 2022). Biasanya selama berlangsungnya promosi tersebut terdapat banyak diskon menarik yang diberikan kepada konsumen baik secara offline maupun online (Guan, dkk., 2019 dalam Ho, 2020). Saat ini festival semakin berkembang dan modern jadi tidak hanya dapat dilakukan secara offline, festival juga dapat dilakukan secara online. Kegiatan promosi ini dilakukan oleh berbagai e-commerce yang dikenal dengan nama online shopping festival (Ho, 2020).

Apa Tujuan diadakannya Festival Pemasaran? 

Tujuan pelaku usaha mengadakan festival pemasaran yaitu: 

1. Memperkenalkan serta mempromosikan sebuah produk maupun jasa. 

2. Menciptakan suatu pengalaman yang unik serta berkesan bagi konsumen (Clow Baack, 2014 dalam Rita, 2017). 

3. Kesan mendalam yang dirasakan oleh konsumen, dapat meningkatkan brand image perusahaan (Y Koh & Jackson, 2006 dalam Rita, 2017). 

4. Festival pemasaran yang menarik dan unik, berpeluang mendapatkan konsumen baru (Ruslan, 2005 dalam Setia, n.d.). 

Apa Fungsi mengadakan Festival Pemasaran? 

Berikut fungsi dari pelaksanaan festival pemasaran (Belch & Belch, 2018 dalam Setia, n.d.) yaitu: 

1. Dapat memberikan pengetahuan kepada para pengunjung festival mengenai suatu merek dari produk tertentu. 

2. Sebagai suatu usaha untuk menambah dan mempertahankan loyalitas dengan pelanggan suatu produk maupun jasa tertentu. 

3. Memperkenalkan dan menunjukkan kepada para pengunjung festival keunggulan dari produk maupun jasa yang dipromosikan. 

4. Meningkatkan penjualan pada saat festival pemasaran berlangsung. 

5. Meningkatkan brand image dari suatu merek produk maupun jasa. 

6. Sebagai usaha menarik konsumen yang kompetitor. 

7. Meningkatkan brand awareness pelanggan maupun pengunjung festival pemasaran dengan waktu yang singkat. 

Faktor-Faktor Penting yang Diperhatikan dalam Mengadakan Festival Pemasaran


Terdapat beberapa faktor penting yang perlu pelaku usaha perhatikan ketika ingin mengadakan festival pemasaran (Tim Dosen, 2022), yaitu: 

Pertama, Lokasi. Pemilihan serta pemasaran lokasi mempunyai dampak yang cukup signifikan pada kehadiran dan juga keberhasil dari festival pemasaran yang dilakukan. Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu akses menuju lokasi acara dibuat semudah mungkin, lokasinya sentral atau tempat yang baru. Hal ini dapat membuat kehadiran pengunjung menjadi lebih banyak yang datang ke festival yang dibuat. Selain itu, hal yang penting sekali dilakukan juga menjaga kenyamanan serta keamanan pada saat pengunjung berada di lokasi festival dan semaksimal mungkin dibuat menarik dan unik agar banyak pengunjung yang datang. 

Kedua, Kompetisi. Kompetisi dilakukan oleh pengusaha dengan cara yang sehat, yakni berusaha mempromosikan acara secara unik, inovatif, dan modern. Dibuat sebaik mungkin lebih dari pesaing pada acara tersebut. Pelaku usaha perlu mengiklankan serta mempromosikan apa saja keuntungan yang di dapatkan pengunjung ketika datang ke acara festival dengan memperlihatkan fitur-fitur yang menarik dan unik yang telah disiapkan. Sehingga penting sekali sebuah persiapan yang matang oleh pelaku usaha. Dalam strategi pemasaran pelaku usaha dapat menunjukkan perbedaan antara produknya dengan produk lain diluar sana, terkadang hal ini efektif meskipun terdapat resiko juga dalam penerapannya. Sebuah acara yang berhasil, nantinya akan ada yang meniru dengan cara yang sama, mengikuti iklan, tema dan tampilan acaranya. Hal ini dapat mempengaruhi pengunjung di acara yang akan datang nanti. 

Ketiga, Cuaca. Cuaca tidak dapat kita prediksi sesuai dengan keinginan kita sebagai pelaku usaha. Cuaca dapat menjadi keuntungan maupun kerugian pada saat acara festival pemasaran. Selain itu, cuaca juga dapat mempengaruhi mood atau perasaan pengunjung acara festival. Sehingga cuaca yang tidak mendukung dapat membuat kehadiran pengunjung menurun, hal ini mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil acara festival. Dengan demikian penting sekali pelaku usaha mempersiapkan situasi dan kondisi yang tidak terduga ini seperti cuaca hujan, dimana festival dilaksanakan di luar ruangan. Apa saja persiapan yang dilakukan untuk mengantisipasi kejadian tersebut. 

Keempat, Hiburan. Faktor yang terakhir adalah keberhasilan suatu acara festival dapat tergantung pada hiburan yang ada di dalamnya. Terdapat berbagai jenis hiburan yang bisa ditampilkan dengan berbagai cara. Pelaku usaha dapat membuat suatu hiburan di acara festival yang dibuat secara berbeda dan terlihat baru. Hiburan menjadi faktor tingginya minat pengunjung menghadiri acara festival. 

Contohnya: seperti yang dilakukan oleh Brand kecantikan merek Scarlett yang baru-baru ini membuat festival musik, dimana festival tersebut menghadirkan berbagai musisi papan atas. Dan pada saat itu juga Scarlett membuka bazzar serta memberikan promo/diskon produk kecantikannya kepada para pengunjung festival.  

Kesimpulan 

Berdasarkan pemaparan di atas, berikut kesimpulan berupa poin-poin penting yang sudah dibahas, yaitu: 
  • Definisi dari festival pemasaran yakni suatu kegiatan mempromosikan berbagai jenis produk yang biasanya dilakukan dalam skala yang besar. 
  • Tujuan diadakannya festival pemasaran diantaranya untuk memperkenalkan, mempromosikan, memberikan kesan bagi konsumen, meningkatkan brand image perusahaan, dan berpeluang mendapatkan konsumen baru. 
  • Fungsi dari diadakannya festival pemasaran diantaranya memberikan pengetahuan kepada pengunjung mengenai merek produk, mempertahankan loyalitas pelanggan, menunjukkan keunggulan dari produk yang ditawarkan, meningkatkan penjualan, meningkatkan brand image, dan meningkatkan brand awareness dalam waktu singkat kepada konsumen. 
  • Faktor-Faktor penting yang diperhatikan dalam mengadakan festival pemasaran yaitu lokasi, kompetisi, cuaca, dan hiburan. 
Sampai disini dulu pembahasan mengenai festival pemasarannya ya teman-teman, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua dan menambah ilmu serta wawasan baru, sampai bertemu di postingan selanjutnya! πŸ‘‹πŸ˜Š

Daftar Pustaka 

Ho, V. H. (2020). Pengaruh festival marketing terhadap online purchase intention dengan shopping experience satisfaction sebagai variabel intervening: Studi kasus shopee double days di kalangan mahasiswa dan mahasiswa Universitas Kristen Petra. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(2). Diakses dari https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/11177/9918

Rita. (2017, 09 November). Event marketing. Binus University Business School. Diakses dari https://bbs.binus.ac.id/gbm/2017/11/09/event-marketing/

Setia, A. (n.d.). Bab II tinjauan pustaka: Event marketing. Diakses dari http://digilib.polban.ac.id/files/disk1/233/jbptppolban-gdl-anggisetia-11649-3-bab2--3.pdf

Tim Dosen. (2022). Modul sesi 6: Festival pemasaran. (Modul Kewirausahaan 3, Universitas Esa Unggul).