Event Marketing: Expo “Art of Growing Creativity Unique”




Nama    : Alifa Tri Febrianti 
NIM       : 20190701098 

Assalamu'alaikum teman-teman semua, bagaimana kabarnya? semoga selalu dalam keadaan sehat ya 😊👋

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas lebih dalam mengenai e-commerce. Bagi teman-teman yang ketinggalan postingan sebelumnya bisa langsung klik link berikut: Tips Mengoptimalkan Penjualan di E-commerce

Nah pada postingan kali ini saya mau membagikan materi kewirausahaan mengenai definisi dari event marketing, manfaat, jenis-jenis event marketing dan salah satu contoh penerapan konsep desain dari jenis event marketing

Semoga ini membantu teman-teman mendapatkan referensi dan ide ya😊

Sebelum membahas mengenai event marketing lebih dalam alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari event marketing

Apa itu Event Marketing

Event marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi yang efektif dilakukan sebagai strategi bisnis agar dapat dikenal di masyarakat luas (Stanton, 1993 dalam Satriya, 2014). Sejalan dengan hal tersebut event marketing adalah suatu strategi promosi yang dapat diterapkan di semua bisnis apapun dan cocok untuk meningkatkan brand awareness, branding bisnis, sampai kepada membangun customer value (Tim Dosen, 2022). Event marketing tidak hanya memberikan keuntungan bagi penyelenggara acara, namun juga bagi partisipan yang datang ke acara tersebut untuk memperkaya wawasan, saling berbagi inspirasi, saling mengedukasi, dan memberikan pengalaman yang menarik untuk partisipan. 

Apa saja Manfaat Event Marketing


Terdapat beberapa manfaat atau keuntungan dari penerapan strategi event marketing yang dilakukan oleh pengusaha (HubSpot, n.d., dalam Tim Dosen, 2022), yaitu: 

1. Dapat membuka peluang bisnis menjadi semakin luas dikenal oleh masyarakat. 

2. Dapat membangun hubungan dengan konsumen yang menggunakan produk. 

3. Dapat membangun dan meningkatkan brand awareness suatu bisnis. 

Apa saja Jenis-jenis Event Marketing

Berikut jenis-jenis dari event marketing yang dapat diterapkan untuk mempromosikan produk bisnis teman-teman (Tim Dosen, 2022), yaitu: 

1. Pameran Produk, yaitu salah satu jenis strategi marketing dengan membuat suatu acara pameran yang bertujuan untuk memperkenalkan berbagai produk yang dimiliki oleh pengusaha. Biasanya dalam suatu pameran terdapat beberapa perusahaan lain yang bergabung untuk mempromosikan produknya. Terdapat dua acara untuk menerapkan jenis ini yaitu menggelar acara khusus dan atau memasarkan dengan menaruh produk di suatu toko. 

2. Event Launching, yaitu suatu acara yang bertujuan untuk memperkenalkan varian produk terbaru dari suatu perusahaan. Kegiatan ini bertujuan untu memperkenalkan berbagai varian produk baru yang ada di dalam suatu brand, yang biasanya di dalam acara tersebut akan ada brand ambassador untuk memperkenalkannya ke masyarakat. 

3. Workshop Seminar, yaitu suatu acara yang bertujuan untuk membangun koneksi sekaligus memberikan edukasi kepada konsumen. 

4. Konser dalam Industri Musik, yaitu suatu acara yang sangat ampuh diterapkan dengan tujuan untuk memperkenalkan album atau single terbaru milik seorang penyanyi. 


Contoh Penerapan Event Marketing 

Berikut contoh penerapan event marketing jenis pameran, yaitu: 

Tema Pameran 

Pameran yang akan saya lakukan bertemakan “Art of Growing Creativity Unique” dimana tema tersebut menggambarkan bahwa seni dapat bertumbuh dengan kreativitas yang unik. Pada pameran ini akan diperkenalkan produk yang mengandung unsur seni, produk tersebut adalah totebag dengan desain yang dibuat dengan tangan-tangan kreatif. Desain dibuat menggunakan media seni lukis, dimana nantinya lukisan tersebut digunakan sebagai desain dari totebag tersebut, sehingga akan dilakukan pencetakan dengan desain tersebut.

Produk Totebag 

Produk yang akan dipamerkan dalam acara pameran yaitu totebag yang berbahan kanvas dengan desain lukisan yang dibuat langsung oleh tangan-tangan kreatif anak bangsa. Sehingga desain totebag yang dipamerkan original dan limited. Berikut beberapa desain totebag yang sudah dibuat dengan seni melukis, yaitu: 

  • Hasil Karya Seni Lukis 
  • Produk ToteBag Desain Seni

Konsep Desain Stand Pameran 

Berikut konsep desain stand pameran yang akan dilakukan, disediakan stand banner untuk photobooth para pengunjung yang datang, hal ini untuk menarik minat pengunjung ke stand pameran ini. Di stand pameran akan di pajang produk-produk totebag dengan desain seni lukis yang sudah dibuat.



Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan di atas, berikut kesimpulan berupa poin-poin penting yang sudah dibahas, yaitu: 
  • Definisi event marketing yakni suatu kegiatan promosi yang memang efektif dilakukan sebagai strategi bisnis perusahaan agar dapat meningkatkan brand awareness terhadap masyarakat luas. 
  • Manfaat atau keuntungan dari event marketing itu sendiri dapat membuka peluang bisnis menjadi semakin luas dikenal masyarakat, membangun hubungan dengan konsumen, dan meningkatkan brand awareness suatu bisnis. 
  • Jenis-jenis event marketing ada banyak yang dapat diterapkan pada produk usaha teman-teman diantaranya pameran produk, event launching, workshop seminar, konser dalam industri musik, dll. 
  • Contoh dari penerapan event marketing dalam jenis pameran ini bisa teman-teman tiru atau menjadi ide baru yang dapat diterapkan di produk bisnis teman-teman. Pertama dapat menentukan tema dari pameran yang akan diselenggarakan, apa saja produk yang akan dipamerkan atau dijual, dan bagaimana konsep desain yang akan diterapkan pada saat pameran berlangsung, kita perlu membuat suatu yang unik agar pengunjung tertarik untuk datang ke pameran kita contohnya yang saya buat yaitu stand photobooth
Sampai disini dulu pembahasan mengenai event marketing-nya ya teman-teman, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua dan menambah ide baru untuk menerapkan jenis-jenis event marketing di bisnis teman-teman sendiri, sampai bertemu di postingan selanjutnya! 👋😊

Sumber Referensi: 

Satriya, C. Y. (2014). Kontribusi marketing terhadap ekuitas merek kota Solo. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 5(1), 42 – 53. Diakses dari http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/makna/article/view/2106/1599

Tim Dosen. (2022). Modul pertemuan 4: Pemasaran event. (Modul Kewirausahaan 3, Universitas Esa Unggul).