Lab 8.1 Install dan konfigurasi HTTPD Server Centos 7

Haii teman-temanπŸ™‹πŸ™‹πŸ™‹πŸ™‹πŸ™‹πŸ™‹πŸ™‹, kembali lagi dengan saya? saya siapa? saya alifa hehe. apa kabar semua?πŸ™†πŸ™‡ kalo saya sih baikπŸ™ˆ. tapi...... hati lagi ga baikπŸ™‰πŸ™‰πŸ™‰. ehh wkwk. ga deng serius nih saya mau bahas atau posting materi tentang WEBSERVER dengan CentOS7. nah kita akan Install dan Konfigurasi HTTPD (Apache) Server dengan CentOS7 nih, sobat penasaran gimana caranya? yuk kita lanjut aja. btw kalian udah pada paham belom WEBSERVER itu apasih??? kalo sobat belum pada paham. oke alifa bakal jelasin nih, jadi.. 

WEB SERVER adalah suatu server yang memberikan service kepada si client yang berhubungan dengan web. jadi, webserver ini dapat di artikan seperti penyedia layanan web. 

oke sobat sekarang kita langsung saja lanjut ke tutorialnya. 

Langkah-Langkah Konfigurasi :

TOPOLOGI 


Kalian harus Membuat Repository Local dan konfigurasi Domain Name Server [BIND] terlebih dahulu untu melakukan Konfigurasi Webserver.

MENGINSTALL HTTPD 
kemudian kita akan melakukan install httpd, menggunakan perintah sebagai berikut :
yum install httpd -y

KONFIGURASI HTTPD.CONF 

Setelah ini kita akan konfigurasi file httpd.conf seperti pada perintah dibawah ini, didalam file ini kita akan mengkonfigurasi di antara lain : 




  • Konfigurasi ServerAdmin dan ServerName
berikut ini tampilan defaultnya, nah kita akan setting :
  1. ServerAdmin bisa kalian ubah sesuai dengan domain yang sudah kalian buat : kalau saya root@alifa.net atau misalkan mau kalian ganti admin@alifa.net bebas ya, asalkan domain yang kalian cantumin yang sudah kalian buat sebelumnya sobat.
  2. ServerName kalian ubah sesuai dengan domain name server yang kalian sudah buat di awal dan berikan port 80  karena port http adalah 80. 


Menjadi seperti di bawah ini :




  • Konfigurasi Directory
pada konfigurasi directory ini kita akan mengaktifkannya dengan mensetting None menjadi All :





menjadi seperti dibawah ini :






  • Konfigurasi DirectoryIndex
nah masih pada file httpd.conf. disini saya akan menambahkan format yang akan dapat dibaca, jadi pada defaultnya hanya bisa membaca dalam format index.html saja. karna saya ingin mengkonfigurasi .cgi dan .php nantinya, jadi saya akan tambahkan di samping index.html. seperti pada gambar dibawah ini :






menjadi seperti dibawah ini :




RESTART HTTPD 

kemudin setelah kita konfigurasi httpd.conf selesei, kemudian kita akan restart httpd untuk save konfigurasinya, dengan perintah dibawah ini :







MENAMBAHKAN SERVICE PADA FIREWALL

setelah konfigurasi httpd.conf selesei, kita akan menambah service pada firewall dengan menggunakan perintah di bawah ini :
firewall-cmd --permanent --add-service=http
kemudian reload/restart firewallnya dengan perintah di bawah ini :
firewall-cmd --reload


MENGECEK WEB MENGGUNAKAN CLIENT WINDOWS

kita akan mengecek tampilan webnya, nah pada gambar dibawah ini tampilan defaultnya, karena belum kita ubah, jadi kita akan merubah tampilan webnya menjadi yang kita inginkan. cek dengan perintah : 
www.alifa.net


MEMBUAT FILE INDEX.HTML

nah disini kita akan mengubah tampilan si web yang sudah kita buat, nah caranya kita akan menambahkan file index.html pada directory /var/www/html , perintahnya seperti gambar dibawah ini :






  • Menambahkan script HTML kedalam file index.html 

nah disini bebas kalian akan menciptakan web apa saja, nah yang akan saya beri contoh web yang hanya biasa saja.





CEK DAN AKSES MELALUI CLIENT WINDOWS 

cek dan akses melalui client kalian, nah kalau saya menggunakan client windows. nah browse client kalian dengan : 
www.alifa.net
yeaay sukses dan berhasil :













selamat mencoba ya sobat, semoga tutor dari saya jelas, dan bisa bermanfaat untuk kalian sobat. 
sampai ketemu di tutor selanjutnya yaaahπŸ˜—πŸ˜—πŸ˜—πŸ˜—πŸ˜—πŸ˜—πŸ˜—πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™
Previous
Next Post »