7.1 MEMBUAT DATABASE BIODATA DIRI

7.1 MEMBUAT DATABASE BIODATA DIRI

hai guys, apa kabar? lama yaaa saya ga posting windows server lagi hmmm... 
saya mau posting materi apasihhhhhhhhhhhhhhhh yaa(?) hmm kali ini saya mau posting mengenai materi yang sama seperti postingan saya sebelumnya yaitu database, cuma bedanya disini saya akan memberikan database yang berisikan data diri saya secara lengkap.heehee mari kita simak bagaimana caranyaaa yhaaa...

1)login MYSQL

kita wajib kudu harus login mysql nya terlebih dahulu, nah karena caranya ini sudah ada di postingan sebelumnya.. jadi gaperlu saya jelasin lagi yaa, kalian bisa back to postingan ini.oke lanjuttt....

2) membuat database

selanjutnya kita akan membuat database di mysql nya berikut ini perintah nya : 
create database biodataalifaa;
nah kemudian setelah kalian sudah buat, kita cek apakah database sudah terbuat atau belum, berikut ini adalah perintahnya :
show database; 
seperti pada gambar dibawah ini, bahwa database berhasil dibuat. horeeee...


3)  membuat table 

sebelum membuat table pastikan kalian masukkan perintah berikut ini :
use biodataalifaa;
yang dapat diartikan bahwa kalian sudah masuk ke database itu.


4) dan selanjutnya adalah masukkan perintah dibawah ini:
create table biodataalifaa(
no mediumint not null auto_increment,
data varchar(250) not null,
keterangan varchar(250) not null,
primary key (no)
);
perintah di atas adalah untuk membut table biodatanya, nah disini saya menggunakan auto icrement, auto increment untuk tipe data numeri dan disini saya menggunakan agar penomoran di dalam biodata dapat secara berurutan.


5) memasukkan data kedalam table


selanjutnya adalah memasukkan data diri kita ke dalam tablenya, dan disini karena perintahnya banyak, tapi intinya hanya memiliki beberapa perintah, dan diulang-ulang saja.
insert into biodataalifaa (no,data,keterangan) values
('1','nama','alifa_tri_febrianti');
perintah diatas bisa dibilang singkatnya, dan kalian bisa ulang ulang perintah di atas, jika ingin memasukkan data yang banyak secara berurutan. 


6.verifikasi data


kemudian disini kita akan melakukan verifikasi datanya, dan pastikan sudah masuk dengan benar, dan lengkap.
untuk melihatnya bisa menggunaakn perintah


select * from biodataalifaa;



secara detailnya :


yeaay selesei, dan berhasil... semoga kalian juga bisa mengerjakannya yaaa. see u di blog alifa-tf dwaahhhh:)))
Previous
Next Post »