Pengertian Perangkat Penyimpanan Data (Storage Device)

Assalamualaikum wr.wb 
hai, kali ini saya ingin membahas tentang Media penyimpanan..
simak baik baik yaa, semoga bermanfaat oke dimulai dari sejarah nya yaa.....

Pengertian Perangkat Penyimpanan Data (Storage Device)

         Perangkat penyimpanan merupakan perangkat keras yang difungsikan untuk menyimpan data.Hampir semua perangkat penyimpanan yang banyak digunakan belakangan ini berbentuk disk/piringan sehingga operasi data dilakukan dengan perputaran piringan. Dari perputaran ini, dikenal satuan rotasi piringan yang disebut RPM (Rotation Per Minute).Besar kapasitas tersimpan dalam media penyimpanan utama komputer terbatas, sehingga diperlukan penyimpanan pendukung.

Media Penyimpanan dibedakan menjadi 2 :



1. Internal  Storage   (Media Penyimpan Utama) 
             Adalah jenis media penyimpanan yang letaknya berada didalam computer/terhubung langsung dengan mainboard komputer yang dapat menyimpan informasi yang kemudian dapat dipanggil lagi atau diakses selama komputer masih dalam keadaan hidup. Contohnya ROM ( Read Only Memory ) dan RAM ( Random Accsess Memory).

  • RAM (  Random access memory )
            adalah tempat didalam komputer dimana OS, program aplikasi dan data yang sedang digunakan disimpan sehingga dapat dicapai dengan cepat oleh prosesor. Cache dibaca Cash, adalah tempat untuk menyimpan segala sesuatu sementara. 


Semakin besar RAM yang dimiliki sebuah komputer, semakin banyak pula kapasitas yang dimiliki komputer untuk menyimpan data dan memproses file dan program yang berukuran besar. 


Urutan Perkembangan RAM 

1. RAM 4,7Mhz

2. DRAM  4,7Mhz-40Mhz
3. FPM  DRAM  16Mhz-66Mhz
4. EDO DRAM EDO  33Mhz-75Mhz
5SDRAM  150Mhz
6. DR RAM  200Mhz
7. DDR SDRAM  dan DDR2 200Mhz 184pin
8. DDR3 SDRAM 800-1600Mhz 240pin
9. SO-DIMM  204 pin

kelas RAM 
  1. Static RAM (SRAM) :  SRAM relatif lebih mahal, namun lebih cepat dan dapat menyimpan data ketika komputer dimatikan selama beberapa periode tertentu. Hal ini akan sangat berguna dalam kondisi seperti kehilangan power/daya yang tidak diharapkan terjadi.
  2. Dynamic RAM (DRAM) :  tidak terlalu mahal dan berjalan dengan lambat. DRAM membutuhkan power supply yang tidak terganggu untuk menjaga data agar tidak hilang. 

SIMM(Single Inline Memory Module)


DIMM (Dual Inline Memory Module)






Cara membaca RAM


DDR3 : Jenis RAM (beda jenis maka beda kecepatan transfer, daya yg digunakan, jumlah pin)
2GB  : Kapasitas memori RAM (semakin besar maka semakin banyak data yg dapat diproses)
PC10600 : kecepatan transfer (dibagi 8Byte=1325Mhz)

2.External Storage (Media Penyimpanan Cadangan)           adalah jenis media penyimpanan yang letaknya berada diluar mainboard dari komputer, yang berfungsi untuk menyimpan data/informasi secara permanen, walaupun komputer dimatikan. Contohnya :  Hard disk, Flopy disk, Optical disk, Flash disk. 



Sekian materi yang saya sampaikan kurang lebih nya mohon maaf yaa,
Selamat mencoba yaaa guys,semoga bermanfaat apa yang saya berikan :)
Wassalamualaikum wr.wb...












Previous
Next Post »